Musrenbangdes dan RKPDes Desa Kuncir Untuk Tahun 2019.

Pada hari ini, Kamis 13 September 2018 Pemerintah Desa Kuncir menggelar rapat desa atau Musrenbangdes dan RKPDes untuk tahun 2019.

Musrenbangdes dan RKPDes merupakan agenda kegiatan desa yang dilaksanakan setiap tahun sebagai dasar acuan Pemerintah Desa dalam melaksanakan roda pemerintahan untuk tahun yang akan datang. Musrenbangdes merupakan forum musyawarah para pemangku kepentingan desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) untuk anggaran yang akan direncanakan. Musrenbangdes dilaksanakan dengan mengacu pada RPJMDes yaitu susunan dokumen rencana 5 tahunan atau jangka menengah.

RKPDes adalah dokumen perencanaan untuk periode satu tahun dan merupakan penjelasan dari RPJMDes. Penyusunan RKPDes diikuti dengan penyusunan APBDes yang disusun berdasarkan musyawarah mufakat antara pemerintah desa dengan BPD.

Kegiatan Musyawarah Desa tersebut dihadiri oleh Camat Wonosalam yang diwakili oleh Kasi Pembangunan, Rifky Faris, Pendamping Desa, pemerintah desa, lembaga desa, tokoh masyarakat, instansi yang ada di Desa sebanyak 58 orang peserta, 10 orang diantaranya adalah wakil perempuan.

Dalam RKPDes tahun 2019 menitikberatkan pada bidang pembangunan antara lain :
1. Betonisasi jalan pertanian
2. Talud jalan pertanian
3. Penerangan lampu jalan
4. RTLH
Disamping itu ada 5 prioritas pembangunan antara lain betonisasi jalan penghubung antar desa, normalisasi sungai, talud lapangan dan talud jalan pertanian yang akan diajukan kepada Pemerintah Daerah melalui Murenbangcam.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan