Simulasi Penyelamatan Bencana oleh Babinkamtibmas di SDN Kuncir 2

Sabtu pagi jam menunjukkan pukul 09.00 WIB, kegiatan belajar mengajar di SDN Kuncir 2 berjalan seperti biasa. Namun tiba-tiba bencana gempa terjadi,benda-benda didalam kelas bergerak kemudian diikuti dengan bunyi sirine. Murid-murid serta guru menyelamatkan diri keluar dari ruangan kelas menuju tempat evakuasi atau halaman sekolah.
Setelah berkumpul jumlah siswa di cek per kelas dikhawatirkan ada siswa yang tertinggal atau belum keluar ruangan. Ada 2 orang guru mengecek per ruang kelas, akhirnya ditemukan salah satu siswa berlindung dibawah meja kemudian guru tersebut melakukan evakuasi terhadap siswa tersebut dengan kedua tangan di atas kepala untuk melindungi kepala dari benda jatuh dari atas.
Di luar kelas sudah disiapkan mobil siaga desa sebagai antisipasi bila ada korban dengan luka berat untuk dirujuk ke Puskesmas atau Rumah Sakit.Setelah keadaan dinyatakan aman siswa yang selamat diijinkan pulang.
Demikian adalah simulasi penyelamatan menghadapi bencana alam berupa gempa bumi. Simulasi tersebut dibimbing oleh Babinkamtibmas Bp. Mujiyatno dari Polsek Wonosalam dengan lokasi di SDN Kuncir 2. Sebelum kegiatan dimulai siswa dibekali materi tentang bencana alam/gempa bumi serta cara-cara penyelamatan saat terjadi bencana alam. Menurut Bapak Mujiyatno simulasi ini penting sekali sebagai ilmu pendidikan dalam menghadapi bencana alam.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan