Angka Kemiskinan Desa Kuncir Meningkat

Pada hari Selasa,19 Februari 2019 Desa Kuncir menyelenggarakan Musyawarah Desa tentang Verifikasi Data BDT atau data kemiskinan, bertempat di Balai Desa Kuncir.
Musdes dibuka oleh Sekretaris Desa Bapak Siswanto,lalu diisi oleh Kasi Kesra Kecamatan Wonosalam Bapak Kusmedi dan dipandu oleh Pendamping Sosial / TKSK Bapak Saefuri.
Rapat dihadiri para undangan yang terdiri dari Ketua RT dan RW, LKMD,BPD, Babinkamtibmas dan tokoh masyarakat lainnya, dengan agenda rapat untuk memverifikasi data BDT Tahun 2018. Data BDT Desa Kuncir sebanyak 278 Keluarga kemudian dicek oleh peserta rapat apakah keluarga tersebut masih layak disebut keluarga miskin untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah termasuk juga bila ada keluarga yang meninggal apakah keluarga tersebut mempunyai ahli waris seperti suami/istri/anak atau tidak.
Setelah melalui pengecekan data ditemukan ada keluarga meninggal sebanyak 20 orang, keluarga meninggal dengan ahli waris sebanyak 15 orang dan pindah domisili 1 orang/keluarga.
Selain memverifikasi data yang ada disampaikan juga bila ditemukan keluarga miskin yang belum masuk data BDT yang kemudian diusulkan ke dalam BDT, karena bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah diambilkan dari data BDT.
Alhasil dari keluarga miskin yang diusulkan oleh peserta rapat ada 100 orang lebih. Verifikasi Data dan usulan baru tersebut nantinya akan dimasukkan dalam suatu aplikasi SIKS-NG yang kemudian diolah oleh sistem. Tidak ada batasan mengenai jumlah yang diusulkan tetapi yang menentukan layak tidaknya keluarga dikatakan miskin adalah pemerintah.Ini akan menjadi tugas dan PR bagi pemerintah untuk bisa mengentaskan atau mengurangi kemiskinan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan